Sabtu, 04 Oktober 2014

Ilmu Budaya Dasar "Manusia Dan Cinta Kasih"



MANUSIA DAN CINTA KASIH
Nama        : Farid Rifqi Arsyad
NPM         : 3341498
              
Teknik Industri 2014
Universitas Gunadarma

Daftar isi

Daftar isi
Pembahasan

A.    Pengertian Cinta Kasih ------------------------------------------ 2
B.     Cinta Menurut Ajaran Agama----------------------------------- 2
C.     Kasih Sayang  ----------------------------------------------------- 5
D.    Kemesraan --------------------------------------------------------- 6
E.     Pemujaan ----------------------------------------------------------- 6
F.      Belas Kasih -------------------------------------------------------- 7
G.    Cinta Kasih Erotis ------------------------------------------------ 7

Daftar Pustaka




A.    PENGERTIAN CINTA KASIH

            Menuruk kamus umum bahasa Indonesia W.J.S Poerwadrminta, cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sayang, ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Karena itu cinta kasih dapet diartikan suka kepada seseorang yang di sertai menaruh belas kasihan. Cinta memang peran yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan. Etich Fromm menyebutkan, bahwa cinta itu terutama memberi, bukan menerima. Menurut Dr Sarlito W. Sarwono. Dikatakannya bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan.

·         Cinta tikngkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah dan berjihad di jalan Allah

·         Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/ suami dan kerabat

·         Cinta tingkat rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal


B.     CINTA MENURUT AJARAN AGAMA

            Cinta  menanpakan diri dalam berbagai bentuk. Kadang kadang orang mencintai dirinya sendiri. Kadang kadang mencintai orang lain, Atau juga istri dan anak, harta, ata Allah dan Rasulnya.

1.   Cinta Diri

            Iya mencintai segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya. Sebaliknya ia membenci segala seluatu yang menghalanginya untuk hidup, berkembang dan mengaktualisasikan diri. Iya juga membenci segala sesuatu yang mendatangkan rasa sakit, penyakit dan mara bahaya

2.   Cinta Kepada Sesama Manusia

Dia harus membatasi cintanya pada diri sendiri dan egonya. Hendakpun iya menyeimbangkan cintanya itu dengan cinta dan kasih sayang pada orang orang lain. Bekerja sama dengan dan memberi bantuan kepada orang lain



3.   Cinta Seksual

            Cinta erat dengan dorongannya seksual. Sebab iya yang bekerja dala melestarikan kasih sayang, keserasia, dan kerjasama antara suami dan istri. Merupakan faktor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga.

4.   Cinta Kebapakan

Dorongan ini Nampak jelas dalam cinta bapak kepada anak anaknya, karena mereka sumber kesenangan dan kelasungan peran bapak dan kehidupan dan tetap terkenangnya dia setelah meninggal dunia

5.   Cinta Kepada Allah

            Cinta yang iklas seseorang kepada Allah akan membuat cita itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupannya dalam kehidupannya dan menundukan semua bentuk kecintaan lainnya. Cinta ini pun juga akan membuatnya menjadi seorang yang cinta pada sesame manusia, hewan, semua mahluk Allah dan seluruh alam semesta.

6.   Cinta Kepada Rasul

            Ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingka laku, moral, maupun berbagai sifat luhur lainnya.







C.    KASIH SAYANG

            Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S.Poerwadminta adalah perasaan sayang, persaan cinta atau perasaan suka kepada sesorang. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar dan tidak sadar dari masing masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanaan, kejujuran, saling percaya, saling terbuka, sehingganya keduanya merupakan kesatuan yang bulat atau utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak di sertai dengan kejujura, terancamlah kebahagian rumah tangganya. Kasih sayang dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Adanya kasih sayang ini mempengaruhi kehidupan si anak dalam masyarakat. Orang tua dalam memberikan kasih sayang sangat bermacam macam demikian pula sebaliknya. Dari cara pemberian cinta kasih ini dapat dibedaka :

1.      Orang Tua Bersifat Aktif, Si Anak Bersifat Pasif

            Dalam hal ini orang tua memberikan kasih sayang terhadap anaknya baik berupa moral materiil dengan sebanyak banyaknya, dan si anak menerima saja, mengiyakan, tanpa memberi respon. Hal ini menyebabkan si anak menjadi takut, kurang berani dalam masyarakat, tidak berani menyatakan pendapat, minder, sehingga si anak tidak mampu berdiri sendiri di masyarakat.

2.      Orang Tua Bersifat Pasih, Si Anak Bersifat Aktif

            Dalam hal ini si anak berlebih lebihan memberikan kasih sayang terhadap orang tuanya, kasih sayang ini di berikan kepada sepihak, orang tua mendiamkan saja tingkah laku si anak, tidak memberikan perhatian apa yang diperbuat si anak.

3.      Orang Tua Bersifat Pasif, Si Anak Bersifat Pasif

            Di sini jelas masing masing membawa hidupnya, tingkah lakunya sendiri sendiri, masing masing membawa caranya sendiri, tidak ada tegur sapa jika tidak perlu. Orang tua hanya memenuhi dalam bidang materinya saja.

4.      Orang Tua Bersifat Aktif, Si Anak Bersifat Aktif

            Dalam hal ini orang tua dan anak memberikan kasih sayang sebanyak banyaknya. Sehingga hubungan antara orang tua dan anak sanagat intim dan mesra, saling mencintai, saling menghargai, saling membutuhkan. Kasih sayang itu Nampak sekali bila seorang ibu sedang menyusui atau menggendong, bayinya itu diajak bercakap cakap, ditimang timang, dinyanyikan, meskipun bayi itu tidak tau arti kata kata, lagu dan sebagainya.


D.    KEMESRAAN

            Kemesraan bersal dari kata mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan adalah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang di,abuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemampuan mencintai memberi nilai hidup kita, dan menjadi ukuran terpenting dalam menentukan apakah kita maju atau tidak dalam evolusi ini. Kemesraan cinta tidak saja terpatri dalam lubuk hati masing masing tetapi juga memancarkan dari sinar mata keduanya yang bening dan belain belaian mesra jari jemari mereka yang bergetar.


E.     PEMUJAAN

            Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia pada tuhannya tidak bisa di pisahkan dari kehidupan manusia.Tuhan adalah pencipta, tetapi juga Tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. Karena itu ketakutan manusia selalu mendapmpingi hidupnya dan untuk menghillangkan menghilangkan ketakutan itu manusia memuja-Nya. Karena itu jelas bagi kita semua, bahwa pemuja kepada tuhan adalah bagian hidup manusia, karena Tuhan pencipta semesta termasuk manusia itu sendiri, dan pencipta semesta untuk manusia. Dalam kehidupan manusia terdapat bagian cara pemujaan sesuai dengan agama, kepercayaan, kondisi, dan situasi. Sholat durumah, di masjid, sembayang di pure, di candi, di gereja bahkan ditempat tempat yang dianggap keramat merupakan perwujudan dari pemuja kepada Tuhan atau tang dianggap Tuhan.







F.     BELAS KASIH

            Dalam surat Yohanes dijelakan ada tiga macam cinta. Cinta agape ialah cinta manusia kepada Tuhannya. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu dan bapaknya atau orang tua. Dan ketiga cinta Amor/eros ialah cinta anatra pria dan wanita. Perbuatan atau sifat menaruh belas asihan adalah orang yang berahlak. Manusia berpotensi mempunyai potensi belas kasihan.

a.      Cara cara menumpakan belas kasihan

      Dalam kehidupan banyak sekali yang harus kita kasihani dan banyak cara kita menumpahkan belas kasihan. Yang perlu kita kasihannin antara lain : yatim piatuh, orang orang jopo yang tidak mempunyai ahli waris, pengemis yang bener bener tidak mampu bekerja, orang sakit dirumah sakit, orang cacat, masyarakat kita yang hidup menderita dan sebagainya.


G.    CINTA KASIH EROTIS

            Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antara orang orang yang sama sama sebanding. Sedangkan cinta kasih ibu merupaka nicta kasih terhadap orang orang yang lemah tanpa daya.walaupun terdapet perbedaan besar antara kedua jenis tersebut. kedua duanya mempunyai kesamaan bahwa pada hajejatnya cinta kasih tidak terbatas kepada seseorang saja. Pertama tama cinta kasih erotis kerap kali di campurbaurkan dengan pengalaman yang eksplosif berupa jatuh cinta, yaitu keruntuhan tiba tiba tembok yang sampai waktu itu terdapet diantara dua orang yang asing satu sama lain. Dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Ciri ciri eksklusif dalam cinta kasih erotis ini perlu dibicarakan lebih lanjut.

































DAFTAR PUSTAKA
http://www.elearning.gunadarma.ac.id/index.php?option=com_wrapper&Itemid=36

Tidak ada komentar:

Posting Komentar